30 July 2009

AUTIS = tidak normal?

banyak yg bilang kalo aku autis. banyak yg bilang kupunya dunia sendiri. banyak yg bilang aku berkepribadian banyak. banyak yg bilang aku aneh. banyak yang bilang aku ga normal.


"gangguan perkembangan pd anak yg berakibat tidak dapat berkomunikasi dan tidak dapat mengekspresikan perasaan dan keinginannya sehingga perilaku hubungan dng orang lain terganggu"

dari arti katanya aja, keliatan banget kalo aku ga autis. aku bisa kok berkomunikasi.... wuuuuuuhh cerewet banget malahan. Bahkan sejak TK, laporan di raport sekolah isinya "Kurangi bicara di dalam kelas", "Sedikit bicara, Banyak belajar" dll...
*dan aku jg bisa mengekspresikan perasaanku.... kalo sedih ya aku sedih, nangis, bisa menggambarkannya lewat tulisan, kalo aku marah ya aku jg ngamuk-ngamuk, pake acara lempar2 barang jg, pernah jg tonjok2 tembok.
*dan aku jg bisa mengekspresikan keinginanku. Kalo butuh duit, ya aku bilang ke ortu "minta duit dong. pengen nonton niy" kalo lagi naksir cowo dan pengen jadi pacarnya aku jg berani utk bilang "aku suka sama km. pacaran yuk"

nah... kalo penjelasan terakhir PERILAKU HUBUNGAN DENGAN ORANG LAIN TERGANGGU.... ini emang bermasalah sih. tapi masih dalam batasan wajar. contohnya gini... gw ga suka dengan kelakuan si A, ya terus gw tinggal aja dia, ga mau main lagi sama dia. wajar kan? yah, emang sih ninggalinnya ga pake bilang2, main langsung caw aja. tapi yailah....masa ada orang kabur pake bilang?


Perkembangan fantasi dan imajinasi anak-anak autisme juga sangat kurang. Sehingga andaikan anak ini diajak bermain fantasi ia tidak akan bisa. Ia hanya mampu melakukan suatu kegiatan yang tidak menggunakan fantasi dan imajinasinya. Andaikan ia memperhatikan satu benda, misalnya sebuah mobil-mobilan ia hanya akan memperhatikan satu bagian saja, dan tak bisa memainkan mobilan itu sebagaimana anak- anak lainnya.

niy...dari tulisan ini aja... jelas banget aku bukan anak autis. jago banget dah urusan berfantasi dan berimajinasi. bahkan salah satu teman menyebut diriku manusia imajiner.... (apalagi fantasi nya menjurus ke hal2 jorok.....wuuuuuuuuuussshhhhh) hahahhahaha.... kalo ambil dari contoh yg dibikin ibu Julia Maria soal mobil-mobilan.... wuiiihh, aku bisa berfantasi ngapa-ngapain di dalam mobil itu (eits,, maksudnya bisa nyetir sambil ngebut. bisa ngebayangin jadi pembalap)



lantas, dimanakah AUTIS yg ada di si Lian ini?
nanti di lanjutin lagi deh... masih mikir... dari sisi apa sih aku disebut autis.

3 comments: